Tips Merawat Gigi Yang Dianjurkan

By | May 15, 2015

Gigi merupakan salah satu organ tubuh manusia yang perlu dirawat. Karena gigi memiliki fungsi yang sangat besar bagi manusia. Gigi berfungsi untuk mengunyah makanan agar mampu mencerna makanan ke dalam tubuh. Merawat gigi perlu dilakukan sedini mungkin, karena jika kita tidak merawat gigi sedari kecil, bisa berakibat fatal saat kita dewasa. Oleh karena itu gigi adalah salah satu bagian tubuh yang perlu dijaga. Langkah-langkah yang dilakukan dalam merawat gigi adalah sebagai berikut, Gosok gigi minimal 2 kali sehari, baiknya saat sesudah makan dan sebelum tidur. Ganti sikat gigi 3-4 bulan sekali agar terjaga kebersihannya. Dan pilih sikat gigi yang bulunya lembut dengan kepala sikat yang dapat menjangkau semua bagian gigi serta tidak membuat adanya luka pada gusi gigi. Karena jika kepala sikat yang keras kemungkinan besar mampu merusak gusi dan membuat gusi luka. Jangan lupa sikat lidah, yang merupakan tempat berkumpulnya bakteri yang dapat menyebabkan bau mulut.

Gunakan pasta gigi yang mencantumkan ADA untuk memastikan kandungan fluoride cukup untuk mencegah lubang dan kerusakan gigi.Gunakan obat kumur, sebenarnya menggunakan obat kumur tidak wajib, namun alangkah baiknya menggunakan obat kumur agar kesegaran mulut dan mampu mengurangi kuman- kuman yang ada di dalam mulut. Benang gigi, pengunaan benang gigi sekali sehari dianjurkan untuk mengangkat plak yang tidak dapat disentuh sikat gigi dan obat kumur, karena  kotoran- kotoran dalam gigi tidak semuanya mampu di jangkau oleh sikat gigi dan obat kumur. Maka memerlukan benang untuk membantu membersihkan gigi. Permen karet tanpa gula, mengunyah permen karet tanpa gula dapat meningkatkan aliran air liur yang dapat membersihkan partikel makanan dan asam penyebab kerusakan gigi. Hindari makanan yang banyak mengandung gula dan manis, seperti sirup, permen, dan cokelat. Minum air setelah makan. Biasakanlah untuk makan buah-buahan segar. Selain baik untuk kesehatan, seratnya dapat membantu menghilangkan kotoran yang ada di gigi. Makanlah makanan yang seimbang dan kaya kalsium, seperti susu, keju, telur, teri, bayam, katuk, sawi, dan agar-agar supaya kesehatan gigi pun terjamin.

Periksa setiap 6 bulan sekali, namun memang kebanyakan orang tidak semuanya bisa rutin 6 bulan sekali menjalan kan kontrol, akan tetapi memang baiknya melakukan kontrol karena agar kesehatan gigi bisa terkontrol, dan jika memang bermasalah bisa langsung cepat ditangani. Jika gigi bermasalah, jangan lupa untuk menanyakan kepada dokter akibat yang mungkin timbul dari tindakan yang dilakukan dokter gigi. Patuhi jadwal perawatan. Jangan ke dokter gigi hanya ketika merasa sakit gigi karena keterlambatan penanganan dapat menyebabkan penyakit yang lebih serius lagi. Banyak orang yang hanya ke dokter gigi saat gigi nya sudah terasa sakit dan sudah sangat membuat tidak nyaman. Padahal pentingnya ke dokter gigi itu selain mampu terjaga kesehatan gigi, bisa membantu kebersihan gigi.

Karena jika gigi itu bermasalah maka salah satu masalah yang ada dalam rongga mulut itu dapat berpengaruh terhadap kesehatan tubuh. Selain itu, gigi adalah organ yang sering dan pasti terlihat oleh orang lain, jika kita tidak merawat gigi kita, tentu akan mempengaruhi terhadap penampilan dan menyebabkan kurangnya percaya diri. Oleh karena itu peranan gigi bagi manusia itu sangat lah penting, selain untuk kesehatan, berpengaruh juga terhadap penampilan kita.

Advertisements

Author: Ana Olpah

Saya adalah Penulis lepas yang juga menjadi kontibutor dalam pengembangan website ini yang juga akan membagi pengalaman-pengalamnnya pada media online Like Update.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *