Robot di Jepang Dimakamkan Sama Seperti Keluarga

By | March 27, 2015

Manusia pada umumnya meninggal dimakamkan oleh keluarga mereka sendiri. Mereka yang telah meninggal disemanyamkan secara layak di tempat pemakaman yang mereka inginkan. Namun jika robot diperlakukan seperti bagian dari keluarga saat “meninggal,” apakah hal ini lazim?

Di Jepang, sebagai negeri yang sering dijumpai beraneka ragam keunikan, salah satunya yaiut hal unik terkait robot yang telah “mati” . Satu robot “anjing” yaitu yang diberi nama Aibo, dimakamkan layaknya hewan peliharaan sungguhan oleh pemiliknya. Ya, sang majikan robot memakamkan Aibo layaknya hewan yang mempunyai nyawa.

Sumie Maekawa, majikan robot tersebut mengakui bahwa robot Aibo sudah menjadi bagian dari keluarganya. sehingga ia membuat pemakaman sungguhan untuk menghormati robot Aibo kesayangannya. Dia sangat sedih karena tidak bisa lagi bermain dengan Aibo yang begitu disayanginya itu.

Robot-Aibo-640x359

Kutip aibo

Sumie Maekawa tidak berdaya ketika mengetahui jika “nyawa” Aibo sudah tidak bisa diselamatkan lagi saat operasi. Pasalnya, pihak care center Sony sudah menghentikan dukungan teknisnya untuk proyek Aibo mulai beberapa bulan yang lalu.

Pihak Sony menjual Robot Aibo sejak tahun 1999. Dimana Robot ini memiliki kecerdesan buatan(artificial intelligence)  yang kala itu langsung menyita penduduk Jepang. Sehingga sekitar 150 ribu unit Aibo habis terjual. Biarpun harga robot anjing ini tidaklah murah. Harga satu unit robot anjing ini dibanderol USD 2.000 atau setara dengan Rp 26 juta.

Advertisements
Author: Admin

Saya sangat berterimakasih kepada semua kontributor, Editor, penulis serta pembaca setia www.likeupdate.com, saya pribadi sebagai pengembang sangat menghargai semua karya serta apresiasi mereka . Dan untuk terjaga suasana yang nyaman dan santai bagi semua pihak. saya juga menghimbau untuk para pembaca, penulis ataupun Editorial di LikeUpdate.com apabila menemukan pelanggaran atau hal yang tidak ber-etika di halaman LikeUpdate.com silahkan laporkan melalui form contact us pada menu.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *