Pentingnya Menjaga Kesehatan Anak

By | May 23, 2015

Untuk menjaga kesehatan merupakan salah satu hal penting yang harus dilakukan setiap orang, terutama pada anak kecil. Anak kecil biasanya rentan terkena masalah dan juga penyakit. Sebagai orang tua tentu harus lebih memperhatikan kebiasaan anak dan apa saja yang anak lakukan ketika diluar rumah. Mengingat anak menyukai banyak hal yang dia lihat, dan selalu ingin mencobanya. Dari hal ini, tentu anak belum bisa mengerti mana yang baik untuknya dan mana yang tidak baik untuk dilakukan. Termasuk untuk kesehatan dan keselamatannya.

Ada beberapa hal yang bisa dilakukan untuk menjaga kesehatan anak, antara lain:

  1. Makan buah-buahan. Apapun kebiasaan anak dari kecil biasanya akan terbawa sampai dia besar. Untuk itu, biasakanlah anak sejak kecil memakan buah-buahan untuk menjaga kesehatan anak. Karena bila tidak dibiasakan, tidak sedikit juga anak menyukai makan buah. Buah diketahui banyak mengandung vitamin dan memiliki jumlah gizi yang banyak, tentunya bagus untuk kesehatan tubuh. Anak bisa mulai diperkenalkan dengan beberapa jenis buah yang biasanya banyak disukai anak-anak, misalnya saja apel, jeruk, pisang, mangga, pepaya dan banyak lagi. Bila anak kurang menyukai memakan buah secara langsung, ibu bisa membuatkannya menjadi sebuah jus. Untuk jeruk, bisa diambil sarinya saja, dan untuk buah pisng atau pepaya bisa diberikan langsung untuk dimakan.
  2. Makanan bergizi. Untuk menjaga kesehatan anak, orang tua tentu harus menjaga dan memperhatikan asupan makananya. 4 sehat 5 sempurna, merupakan pola makan yang cukup bagus untuk anak. Yaitu terdiri dari, nasi, lauk pauk, tahu tempe, sayuran dan juga susu. Makanan yang mengandung banyak gizi ini tentu tidak harus didapatkan dari makanan yang harganya mahal. Namun terkadang anak-anak susah untuk diajak makan, untuk itu orang tua tentunya harus lebih kreatif dalam mengolah makanan agar anak lebih tertarik untuk makan. Banyak mengkonusmsi sayur juga pastinya baik untuk kesehatan tubuh mereka, karena sayur memiliki banyak kandungan vitamib dan berbagai kandungan zat yang dibutuhkan oleh tubuh.
  3. Tidur yang cukup. Tidak hanya orang tua dewasa yang memerlukan jam tidur yang cukup setiap harinya, tapi juga tentunya untuk anak-anak. Untuk anak, sebaiknya dibiasakan untuk tidur siang dan tidur malam. Untuk waktu tidur siang, bisa dilakukan minimal satu jam dan untuk tidur malam biasakan anak tidur minimal 8 jam. Dengan waktu tidur yang cukup ini, tentu akan membuat kesehatan anak selalu terjaga dan selalu bugar. Karena, bila anak dirasa kurang tidur, akan membuatnya mudah terserang penyakit dan juga membuatnya rewel sepanjang hari.
  4. Kamar yang nyaman. Walaupun masih anak-anak, tentunya orang tua sudah membiasakannya memberikan kamar khusus untuknya dan tidak selalu tidur bersama orang tua. Untuk itu, rajinlah membersihkan dan merapikan kamar anak, agar kesehatan anak pun tetap terjaga. Sapu lantai kamar dan juga pel lantai minimal dua kali dalam seminggu. Selain itu, ganti juga sprey, sarung bantal dan sarung guling anak-anak secara rutin. Dengan selalu menjaga kebersihan kamar, tentunya kesehatannya pun akan selalu terjaga dengan baik.

Itulah beberapa hal yang perlu anda perhatikan untuk menjaga kesehatan anak anda.


Author: Ana Olpah

Saya adalah Penulis lepas yang juga menjadi kontibutor dalam pengembangan website ini yang juga akan membagi pengalaman-pengalamnnya pada media online Like Update.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *