Merawat Rambut Keriting

By | January 28, 2016

Merawat Rambut KeritingBeberapa orang wanita tidak menyukai rambutnya yang memiliki tektur keriting alami karena mereka tidak dapat merawatnya secara benar. Banyak pula yang mengira perawatan yang dilakukan untuk rambut keriting sangatlah sulit. Padahal, perawatan untuk rambut yang keriting juga mudah, asalkan Anda tahu bagaimana cara merawatnya.

Memang, perawatan untuk rambut keriting tidak sesederhana bagaimana cara merawat rambut lurus. Apalagi jika rambut keriting Anda memiliki masalah lain misalnya kering dan tebal sehingga rambut selalu terlihat mengembang secara berlebihan dan juga berantakan. Akan tetapi, untuk merawatnya tidak begitu sulit. Anda dapat mengikuli beberapa tips serta trik yang saya dapatkan dari berbagai sumber bagaimana caranya Agar Anda bisa tampil lebih percaya diri dengan memamerkan rambut keriting sehat yang Anda miliki.

1. Konsultasi pada hair stylish atau teman
Kunjungi beberapa salon ketika hendak memotong rambut. Tanyakan bagaimana model yang tepat agar rambut keriting Anda terlihat indah. Anda bisa menanyakan tentang teknik twist-cutting¬ yang sangat cocok untu model rambut keriting. Anda juga dapat menanyakan kepada beberapa orang teman yang memiliki rambut indah bagaimana cara merawatnya. Lebih baik lagi, jika Anda menanyakan kepada teman yang memiliki masalah rambut yang sama. Anda bisa meminta saran atau tips bagaimana perawatan yang tepan untuk rambut seperti Anda.

2. Mengontrol Pemakaian sampo dan conditioner
Berkeramas setiap hari malah akan menyebabkan rambut semakin karing, namun sangat direkomendasikan untuk memakai kondisioner setiap kali Anda mandi. Pilihlah sampo yang paling nyaman dipakai setelah dipakai. Misalnya, tak apa jika Anda menggunakan sampo yang murah namun hasilnya keadaan rambut keriting Anda jauh lebih baik dari pada membeli sampo yang mahal tetapi membuat rambut semakin rusak. Begitupun sebaliknya. Intinya untuk merawat rambut keriting, tak perlu memaksakan membeli produk yang mahal jika yang murah baik untuk rambut Anda

3. Gunakan air dingin
Cuci rambut dengan menggunakan air yang dingin. Air dingin dapat membantu rambut menjadi lebih berkilau, dapat membantu proses melembutkan rambut dan yang paling penting adalah akan membuat rambut lebih rapi.

4. Manfaatkan jari-jari untuk menyisir 
Untuk menjaga tektur rambut keriting agar tetap indah, jangan gunakan sisir dengan gigi rapat atau sisir seperti sikat. Gunakanlah sisir yang memiliki gigi jarang atau lebih baik lagi jika Anda menggunakan jari-jari Anda sebagai sisir. Selain itu sebaiknya jangan terlalu sering menyisir apalagi menyisir rambut dalam keadaan kering karena akan menyebabkan tekstur rambut keriting yang tak beraturan.

5. Keringkan rambut secara alami
Mengeringkan rambut secara alami tentunya akan membuat rambut lebih sehat dari pada mengeringkannya dengan hair dryer karena dapat menyebabkan rambut semakin kering. Tetapi, jika Anda memang sedang terburu-buru, penggunaan hair dryer diperbolehkan tetapi tidak dengan angin yang panas.

6. Hindari penggunaan pelurus rambut
Jika Anda memang tidak menyukai rambut keriting Anda dan sering melruskannya dengan menggunakan pelurus rambut maka sebaiknya kurangilah kebiasaan buruk Anda itu karena catokan rambut malah akan membuat rambut semakin menjadi kering hingga bercabang.

7. Manfaatkan bahan alami 
Minyak zaitun dan minyak kelapa sangat baik untuk rambut terutama untuk merawat rambut keriting, kering dan mengembang. Kandungan minyak-minyak tersebut dapat membuat rambut menjadi lebih sehat, lembut serta berkilau. Gunakan dua kali dalam 1 minggu dengan cara mengolesi minyak ke rambut Anda.

8. Gulung rambut saat tidur
Menggulung rambut saat tidur dapat membuat rambut keriting lebih indah saat Anda bangun tidur. Semprotkan air dan gunakan mousse untuk memperidah rambut keriting Anda.


Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *