Mengenal Makanan Sehat Untuk Tulang Sehat Anda

By | May 15, 2015

Semua orang pasti menginginkan tulang yang kuat. Untuk itu tidak hanya tubuh yang memerlukan sejumlah nutrisi dan vitamin. Tulang Anda juga butuh nutrisi agar dapat terus kuat menopang tubuh Anda hingga akhir hayat. Untuk membangun tulang yang kuat dibutuhkan dua nutrisi utama dalam tubuh yaitu kalsium dan vitamin D. Fungsi kalsium dalah untuk menjaga dan membentuk struktur tulang dan gigi agar tetap kuat dan sehat. Vitamin D sendiri memiliki peranan untuk melakukan penyerapan kalsium dan pertumbuhan tulang. Tentu kita thau kekurangan dua nutrisi penting ini akan mengakibatkan tulang kehilangan kekuatannya dan mudah rapuh. Keadaan ini biasa disebut dengan osteoporosis. Untuk menjaga kesehatan dan kekuatan tulang Anda sebaiknya Anda mencoba mengkonsumsi makanan sehat untuk tulang dibawah ini.

1. Susu
Susu merupakan sumber kalsium terbaik bagi kesehatan dan kekuatan tulang dan gigi Anda. Pilihlah susu yang diperkaya dengan vitamin D.

2. Yogurt
Yogurt dipercaya memiliki kandungan kalsium yang sama dengan susu dan vitamin D.

3. Keju
Seperti halnya yogurt, keju merupakan suatu bahan olahan dari susu. Sehingga sudah dapat dipastikan bahwa keju juga mengandung kalsium dengan kadar yang sangat tinggi. Meskipun vitamin D yang dikandungnya tidak sebanyak vitamin D dalam yogurt.

4. Telur
Bagian kuning dalam telur dipercaya mengandung 6% vitamin D yang dibutuhkan oleh tulang.

5.  Sarden
Ikan sarden mengandung kadar kalsium dan vitamin D yang cukup tinggi untuk memenuhi nutrisi pada tulang Anda.

6. Bayam
Semangkuk baya dapat memberikan 25% kebutuhan kalsium harian Anda. Bayam juga diperkaya dengan serat, vitamin A dan zat besi yang baik bagi tubuh.

7.       Salmon
Selain karena kadar Omega-3 nya yang baik bagi kesehatan jantung, salmon juga mengandung 100% vitamin D yang sangat baik bagi petumbuhan tulang dan gigi.

8.       Tuna
Selain ikan sarden dan salmon, tuna juga merupakan sumber vitamin D yang cukup tinggi untuk memberi nutrisi tulang Anda.

9.       Sawi Hijau
Mengkonsumsi semangkuk sawi hijau setiap hari dapat memberikan 25% kebutuhan kalsium pada tulang Anda.

10.   Sereal
Mengkonsumsi sereal setiap hari dapat memberikan 25% kebutuhan harian Anda akan vitamin D.

11.   Brokoli
Sayuran hijau dipercaya memiliki kandungan kalsium yang cukup tinggi. Brokoli sendirii selain mengandung kalsium juga mengandung vitamin K dalam jumlah yang sangat tinggi, sehingga dapat mencegah tubuh Anda dari osteoporosis.

12.   Minyak Zaitun
Selain dapat menjaga kesehatan organ hati, otak, rambut, kulit dan kuku, minyak zaitun juga dapat menjaga kesehatan tulang. Minyak zaitun juga dapat melindungi Anda dari kanker payudara.

13.   Kedelai
Kedelai kaya akan protein dan kalsium yang dibutuhkan oleh tubuh dan tulang setiap hari. Jika Anda tidak menyukai olahan kacang kedelai dalam bentuk susu, Anda dapat menngkonsumsi olahan kedelai dalam bbentuk lainnya seperti tempe dan tahu.

14.   Kacang Almond
Satu ons kacang almond mengandung 80 miligram kalsium dan 80 gram magnesium.

15.   Pisang
Kandungan kalium dalam pisang sangat baik bagi kesehatan dan kekeuatan tulang Anda.

16.   Kentang
Kandungan potasium dalam kentang juga sangat bermanfaat bagi keehatan tulang Anda.

17.   Tiram
Tiram mengandung zink dan kalsium yang bak bagi pembentukan tulang. Kandungan ini dapat membantu membentuk kolagen tulang dalam tubuh sehingga dapat membentuk kerangka tulang agar lebih fleksibel.

Advertisements

Author: Ana Olpah

Saya adalah Penulis lepas yang juga menjadi kontibutor dalam pengembangan website ini yang juga akan membagi pengalaman-pengalamnnya pada media online Like Update.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *