Kandungan Gizi Buah-Buahan

By | April 9, 2015

Indonesia sebagai salah satu negara tropis sangat kaya akan hasil alamnya. Mulai dari rempah-rempahan, daun-daunan dan juga buah-buahan. Buah-buahan merupakan jenis makanan yang mengandung nutrisi yang sangat baik untuk kesehatan karena  kandungan gizi buah-buahan sangatlah tinggi. Mengetahui  apa saja kandungan gizi buah-buahan sangat penting untuk memotifasi diri agar mau mengkonsumsi buah-buahan secara rutin. Dan faktanya, tak banyak yang mengetahui apa saja  kandungan gizi buah-buahan yang sering kita temui di pasaran. Tahukan anda apa saja  kandungan gizi buah-buahan tersebut?

Berikut ini daftar beberapa  kandungan gizi buah-buahan yang baik untuk kesehatan tubuh:

  1. Apel

apel-buah-sehat-yang-ampuh-melembutkan-kulit
Kandungan gizi buah-buahan yang akan kita bahas pertama yakni kandungan gizi buah apel. Buah apel mengandung karbohidrat, pectin atau serat, dan flavonol. Flavonol ini di kenal merupakan bahan anti kanker dan mampu menurunkan resiko kanker paru-paru. Kandungan quercetin di dalamnya juga merupakan bahan anti radang sehingga bermanfaat bagi penyakit arthritis. Biasanya apel juga digunakan untuk menyembuhkan sembelit dan juga untuk menghentikan diare. Walaupun tidak sebanyak jeruk, apel juga mengandung vitamin C yang dapat menigkatkan kekebalan tubuh kita.

  1. Stroberi

strawberry
Buah segar yang satu ini mengandung ellagic acid yang berfungsi sebagai antioksidan yang mudah busuk. Kandungan ellegic acid ini dapat menghalangi pertumbuhan tumor pada paru-paru, payudara dan lidah. Beberapa penelitian menunjukkan bakwa stroberi dapat mengurangi resiko kanker dan juga asap rokok. Dalam beberapa hal, stroberi di percaya memiliki antibakteri sehingga sering digunakan sebagai pembersih sistem pencernaan. Buah ini hampir tidak dapat di cerna, tapi kandungan vitamin C nya sangatlah tinggi.

  1. Pisang

Buah-Pisang
Buah pisang sangat sering di temui di negara-negara beriklim tropis salah satunya di Indonesia. Dalam sebuah pisang mengandung vitamin B6 yang di butuhkan tubuh untuk membuat serotin dalam otak. Serotin itu sendiri berfungsi mengurangi rasa sakit, membuat perasaan lebih relax, menekan nafsu makan, dan juga mengurangi ketegangan. Tak hanya itu, pisang bahkan di percaya dapat menyembuhkan bisul-bisul di perut. Walaupun kandungan karotin dan vitamin C nya sedikit, pisang sangat kaya akan karbohidrat dan juga potassium

  1. Jeruk

Jeruk manis
Kandungan pytochemical yang di sebut sebagai hesperidin yang ada di dalam jeruk berfungsi sebagai zat antioksidan. Selain itu, jeruk juga di sebut sebagai sumber pectin yang mampu menurunkan tekanan darah. Karena kandungan vitamin C, folat dan seratnya yang tinggi sehingga buah ini banyak di konsumsi orang-orang sebagai menu pencuci mulutnya.

  1. Mangga

buah mangga
Buah yang satu ini mengandung carotenoid yang di sebut beta crytaxanthin, yakni sebuah antioksidan yang mampu melindungi tubuh dari beberapa jenis kanker seperti kanker usus dan kanker tulang tengkuk. Mangga juga termasuk buah-buahan yang kaya caratenoid dan vitamin C.

  1. Plum

Three plums with leaves on white background.
Tak hanya  kandungan gizi buah-buahan di atas saja yang perlu anda ketahui, walaupun masih asing di telinga, plum ternyata juga memiliki banyak kandungan gizi. Buah ini banyak di temukan di Inggris, Spanyol, Italia, Prancis, dan juga Amerika. Plum merupakan buah yang mengandung phytochemical yang disebut ferulic acid yakni berupa senyawa anti kanker. Dengan mengkonsumsi ferulic acid dapat membantu menurunkan resiko terhadap terkenanya kanker usus.

Nah, setelah melihat beberapa  kandungan gizi buah-buahan di atas tentu anda tidak perlu ragu lagi untuk mengkonsumsi buah-buahan.  Kandungan gizi buah-buahan di atas hanya sebagian saja, sebenarnya masih banyak lagi  kandungan gizi buah-buahan yang masih asing di telinga masyarakat sehingga masih malas untuk mengkonsumsi buah-buahan yang sebenarnya sangat mudah kita peroleh ini.

Advertisements

Author: Ana Olpah

Saya adalah Penulis lepas yang juga menjadi kontibutor dalam pengembangan website ini yang juga akan membagi pengalaman-pengalamnnya pada media online Like Update.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *