Google Membeli Domain .app Seharga Rp 324 Miliar, Untuk Apa?

By | March 2, 2015

Update Info – Google baru saja membeli domain internet .app senilai USD 25.001.000 atau jika dirupiahkan bernilai Rp 324 miliar. Dalam proses pembelian dalam aksi lelang ini merupakan harga tertinggi yang pernah terjadi dalam sejarah pembelian domain internet. Pertanyaannya adalah untuk apa domain .app yang telah diakuisisi Google tersebut?

Sebelumnya, sebuah badan bernama The Internet Corporation for Assigned Names and Numbers (Icann) telah mengeluarkan nama domain situs web baru serta melelangnya. Alamat domain lai yang sudah terjual n sejauh ini adalah  .baby, .farinclude, .tech, .VIP, .salon. Domain-domain tersebut dikenal dengan istilah domain level tinggi (gTLD).

Salah satu perusahaan yang dimiliki oleh Google, Charleston Road, di formulir lelangnya menyebut jika domain .app akan digunakan untuk para developer aplikasi. Tujuan dari gTLD ini adalah untuk membuat pengembang aplikasi dan dapat menyesuaikan domain dan nama aplikasi tersebut di internet.

Google

Dengan alamat domain yang lebih spesifik akan membuat para pengguna paham jika situs yang mereka kunjungi adalah lokasi yang didesain untuk menemukan aplikasi serta informasi tentang pengembangan suatu aplikasi.

Sementara itu domain.baby telah diakuisisi oleh perusahaan farmasi Johnson & Johnson yang bernilai USD 3 juta sedangkan Perusahaan Dot Tech LLC membeli domain .tech dengan harga USD 6,7 juta. Semua dana hasil lelang yang terkumpul tersebut dipegang oleh Dewan Direksi Icann.

 

 

Advertisements

Author: Admin

Saya sangat berterimakasih kepada semua kontributor, Editor, penulis serta pembaca setia www.likeupdate.com, saya pribadi sebagai pengembang sangat menghargai semua karya serta apresiasi mereka . Dan untuk terjaga suasana yang nyaman dan santai bagi semua pihak. saya juga menghimbau untuk para pembaca, penulis ataupun Editorial di LikeUpdate.com apabila menemukan pelanggaran atau hal yang tidak ber-etika di halaman LikeUpdate.com silahkan laporkan melalui form contact us pada menu.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *