Cara Cepat Menyajikan Aneka Menu Sehat

By | February 17, 2015

untuk mendapatkan tubuh yang sehat, di perlukan asupan aneka menu sehat. Seperti yang ahli kesehatan katakan bakwa “makanlah dengan pola makan sehat”. Pola makan sehat biasanya di hubung-hubungkan dengan makanan 4 sehat dan 5 sempurna. Hanya mengkonsumsi satu saja makanan sehat tidaklah cukup bagi tubuh kita yang beraktifitas seharian penuh. Untuk itulah kita sangat butuhkan aneka menu sehat untuk di konsumsi setiap harinya.

Tapi, untuk menyiapkan aneka menu sehat mungkin akan menyita waktu anda yang super sibuk dengan pekerjaan ataupun aktifitas lainnya. Apalagi bagi anda yang memiliki jam terbang yang tinggi, makanan instan pun akan menjadi  peringkat pertama dalam pilihan menu makanan anda. Padahal telah kita ketahui sebelumnya bahwa makanan instan itu kurang menyehatkan bahkan memiliki efek samping bagi tubuh jika di konsumsi secara terus-menerus. Bagi anda yang tidak ingin menyakiti tubuh sempurna pemberian sang Kuasa ini, maka selektiflah dalam memilih aneka menu sehat yang seharusnya anda makan dan meninggalkan mereka yang hanya menjadi perusak tubuh.

Jika kesibukan  menjadi alasan untuk menyediakan aneka menu sehat untuk anda ataupun untuk keluarga anda, berikut ini akan diberikan cara singkat untuk memperoleh aneka menu sehat:

  1. Jika anda merupakan penggemar junkfood terutama ayam goreng, biasakanlah meluangkan waktu di akhir pekan untuk memotong sayur-sayuran segar kemudian menyimpannya di lemari pendingin. Ketika anda hendak bepergian, tumislah potongan-potongan sayur tadi bersama ayam berbumbu yang telah matang sebelumnya yang bisa anda beli di sekitaran rumah anda atau di supermarket yang biasa anda lewati ketika pulang dari kantor ataupun setelah melakukan aktifitas lainnya. Dengan cara seperti inilah anda tetap bisa merasakan manfaat sayuran bagi tubuh anda yang telah bekerja keras selama seharian penuh.
  2. Jika anda merupakan penggemar seafood, ada baiknya anda menyimpan salmon di dalam lemari pendingin anda. Sesaat sebelum bepergian, bawalah salmon tersebut sebagai menu bekal anda dengan sedikit tambahan bumbu. Anda bisa memberikannya sedikit garam, merica, lemon, mayonaise rendah lemak serta potongan-potongan sayuran yang telah anda persiapkan sebelumnya.
  3. Jika anda merupakan penggemar kentang goreng, anda perlu mengubah kebiasaan anda tersebut. Beralihlah ke kentang rebus atau kentang panggang yang lebih sehat untuk tubuh anda. Anda bisa menambahkannya dengan sedikit keju rendah lemak sebagai penambah selera pada kentang atau bisa juga dengan tambahan beberapa potongan buah segar. Sebagai pelengkap gizi konsumsilah bersama yoghurt.

Agar tubuh dapat sehat setiap hari, lengkapilah aneka menu sehat anda dengan sejumlah nutrisi untuk meningkatkan kekebalan tubuh. Berkut ini beberapa makanan tambahan yang bisa anda masukkan dalam aneka menu sehat anda.

  1. Bayam

Kandungan nutrisi yang ada di dalam sayuran hijau ini dapat meningkatkan kekebalan tubuh. Nutrisi-nutrisi tersebut diantaranya vitamin A, vitamin C, dan asam folat

  1. Daging merah

Daging merah tanpa lemak dapat meningkatkan stamina kita karena adanya kandungan zat besi dan zinc di dalamnya

  1. Kacang-kacangan

Kacang-kacangan seperti kedelai memiliki kandungan omega3 yang berfungsi sebagai anti oksidan dalam ubuh.

  1. Bawang putih

Bumbu dapur yang satu ini mengandung quercetin dan antihistamin yang dapat melegakan pernapasan. Jika anda terkena flu ataupun kedinginan karena cuaca yang ekstrim, sup dengan aroma bawang sangat cocok sebagai menu makanan anda.

  1. Omelet telur campur jamur

Makanan ini mengandung vitamin D dan omega 3 serta beta glucan yang dapat membantu meningkatkan kekebalan tubuh.

Jadi, tak ada alasan lagi bukan untuk tidak mengkonsumsi aneka menu sehat  untuk tubuh anda?  Tips-tips di atas bermaksud untuk membantu anda dalam mengatur pola makan. Jadi, di tengah kesibukan sekalipun anda masih bisa meyiapkan aneka menu sehat setiap harinya.


Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *