Berbagai Kisah Asal Muasal Hari Kasih Sayang (Valentine Day)

By | February 13, 2015

Pada Tanggal 14 Februari biasa disebut oleh kebanyak orang sebagai hari Valentine yang biasanya dirayakan bersama orang-orang yang kita cintai, untuk menghabiskan waktu bersama mereka, saling bertukar hadiah biasanya identik dengan bertukar coklat, ataupun mengirim kartu ucapan yang berisi ungkapan kasih sayang. Namun, jika kira ingin merunut lagi ke masa lalu bagaimana Valentine day ini ditetapkan, sebenarnya peristiwa Valentine Day ini tidak semanis perayaan yang biasa dilakukan banyak orang saat ini.

Dari sekian banyaknya versi cerita yang tengah beredar tentang Valentine Day ini. Dan dari semua cerita tersebut, tidak ada kisah yang  membahagiakan ataupun akhir cerita yang indah di dalamnya.

Salah satunya dari cerita ini menyebutkan bahwa perayaan Valentine Day merupakan kelanjutan dari perayaan acara tahunan Lupercalia yang diadakan setiap 15 Februari. Menurut Profesor dari University of Colorado, Noel Lenski, memaparkan bahwa perayaan ini rutin diadakan pada zaman Romawi Kuno dulu. Dimana dalam perayaannya, para lelaki yang telanjang dan mereka mencambuki para perempuan dengan menggunakan cambuk yang terbuat dari kulit anjing atau kulit kambing. Kekerasan semacam ini dipercaya dapat meningkatkan kesuburan para kaum perempuan.

Pada versi lain ada juga versi kisah yang menyebutkan bahwa perayaan Lupercalia diadakan untuk melindungi semua masyarakat Romawi Kuno dari serangan buas binatang serigala. Dan Pada perayaan ini juga, para lelaki juga mencambuki para perempuan menggunakan cambuk yang berasal dari kulit hewan. Bagi perempuan, cara ini dipercaya dapat meningkatkan kesuburan mereka yang dicambuki. Perayaan Lupercalia ini pun berlangsung selama sekitar 150 tahun.

Cerita lain tentang Valentine Day ini juga datang dari abad 3 pada kepemerintahan Kaisar Romawi Claudius II. Dimana pada saat itu, Sang kaisar Claudius II melarang para pemuda untuk menikah. Sebab, menurut sang kaisar, menikah dapat membuatpara pemuda tidak produktif lagi yang tentunya tidak bisa membuat para pemuda ini jadi prajurit yang baik.

Tetapi seorang pendeta yang bernama Valentine saat itu melanggar peraturan yang dibuat Claudius II ini. Secara diam-diam dia menikahkan beberapa pasangan muda-mudi. Tetapi kisahnya berakhir dengan sangat tragis. Karena keberaniannya itu ia ditangkap dan dipenjara oleh prajutir istana. Hingga akhirnya keluar perinta sang kaisar untuk menghukum penggal Pendeta tersebut pada 14 Februari.

Cerita lain mengungkapkan, sewaktu Valentine di dalam penjara, Dia jatuh cinta kepada seorang putri sipir penjara. Sebelum dia dieksekusi oleh prajurit, dia diduga telah mengirim sebuah surat yang bertuliskan “from your Valentine”.

Dan kisah lainnya mengisahkan bahwa ada seorang lelaki kristiani yang bernama Valentine yang sangat menolak untuk menyembah para dewa Romawi, yang menyebabkan dia dipenjara. Teman-temannya saat itu sering mengirimkan pesan-pesan untuknya melalui jendela penjara, Dan atas pembangkangan yang dilakukannya itu, banyak cerita menyebutkan jika Valentine dieksekusi pada tanggal 14 Februari.

Itulah beberapa Versi cerita serta asal muasal tentang bagaimana Hari Valentine ini ditetapkan ditanggal 14 Februari, sungguh akhir kisah yang berakhir tragis ya….. Apakah anda percaya?

Advertisements

Author: Admin

Saya sangat berterimakasih kepada semua kontributor, Editor, penulis serta pembaca setia www.likeupdate.com, saya pribadi sebagai pengembang sangat menghargai semua karya serta apresiasi mereka . Dan untuk terjaga suasana yang nyaman dan santai bagi semua pihak. saya juga menghimbau untuk para pembaca, penulis ataupun Editorial di LikeUpdate.com apabila menemukan pelanggaran atau hal yang tidak ber-etika di halaman LikeUpdate.com silahkan laporkan melalui form contact us pada menu.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *