8 Makanan Untuk Kulit Sehat

By | May 15, 2015
Kulit yang sehat merupakan kunci dari tampilan yang menarik. Tak peduli kulit Anda putih pucat, kuning langsat, sawo matang atau coklat. Tengok saja kulit putih mulus milik Emma Stone, kulit eksotis milik Shanty atau mungkn kulit coklat sexy milik Rihanna atau Beyonce. Semuanya terlihat sehat dan menarik walau berbeda warna karena kulit mereka terlihat sangat sehat. Tak cukup hanya menggunakan lotion, makanan tertentu pun harus sering-sering dikonsumsi untuk memperindah kulit Anda. Lalu apa sajakah makanan untuk kulit sehat? Mau tahu? Mari kita cek dibawah ini.
Buah-buahan Tropis

Beruntunglah kita yang berada di negara tropis. Indonesia memang gudangnya buah-buahan tropis seperti sebut saja jambu, nanas, papaya, jeruk, kiwi, dan masih banyak buah yang mengandung vitamin C. Vitamin C pada buah-buahan tropis tersebut ternyata membantu melawan radikal bebas dalam kulit. Vitamin C juga merupakan antioksidan yang sangat kuat yang secara alami ditemukan dalam kulit sehingga memakan buah-buah tropis ini dapat melengkapi vitamin dalam kulit Anda. Vitamin C juga membantu tubuh untuk memproduksi kolagen yaitu protein yang dapat membuat kulit menjadi elastik.

Brokoli

Sayuran berwarna hijau ini memiliki kandungan antioksidan yang sangat tinggi termasuk vitamin C juga vitamin E. Vitamin C dalam brokoli membantu proses roduksi kolagen dan dapat membuat kulit lebih seat, sementara itu, vitamin C dapat melindungi membrane sel kulit dan melindungi kulit dari radiasi sinar ultraviolet.

Almond

Kacang almond merupakan salah satu makanan yang memiliki kandungan vitamin E yang paling baik. Anda dapat memakan kacang almond sebagai kudapan atau memasukannya sebagai pelengkap salad, sereal, yogurt, kue bolu atau brownis, dan sebagainya. Tak hanya itu Anda juga dapat melengkapi kacang almod dalam masakan seperti ikan, ayam, pasta ataupun nasi. Vitamin E dalam almon dapat membantu melembutkan kulit dan melindungi kulit dari sinar ultraviolet.

Pasta dan Roti

Makanan untuk kulit sehat selanjutnya adalah pasta dan roti karena pasta dan roti memiliki kandungan mineral selenium yaitu antioksidan untuk kulit sehat. Mineral ini membantu melindungi kulit dari polusi udara dan memberikan elastisitas serta menyehatkan kulit secara menyeluruh.

Wortel

Selain menyehatkan mata, wortel yang kaya akan vitamin A ini juga dapat menyehatkan kulit. Wortel memiliki kandungan betta karotin yang tinggi yaitu antioksidan yang menyalurkan vitamin A kedalam tubuh. Betta carotin dapat membantu memperbaiki dan melindungi kulit dari sinar matahari.

Biji labu

Tidak disangka, makanan untuk kulit sehat lainnya adalah biji labu. Biji labu memiliki zat seng yang sangat tinggi. Seng dalam biji labu melindungi membrane sel kulit Anda, membantu memproduksi kolagen, dan membantu proses regenerasi kulit baru. Biji labu ini bisa dijadikan sebagai kuaci atau Anda dapat menambahkannya ke yogurt atau oatmeal.

Ikan

Ikan salmon, sarden, dan herring sangat baik untuk kesehatan. Selain itu kan-ikan ini memiliki lemak omega-3 yang sangat baik untuk kulit. Omega-3 dalam ikan-ikan ini membantu membuat membrane sel kulit, melindungi kulit dari panas sinar matahari, serta mengurangi resiko terkena penyakit kangker kulit. Lemak sehat ini membiarkan air serta nutrisi masuk dan membuang racun dalam kulit, serta membantu penyembuhan radang kulit.

Air putih

Air putih merupakan unsur yang paling penting ntuk memiliki kulit yang sehat. Air dapat membuang racun-racun yang terdapat dalam tubuh ataupun kulit, mengalirkan nutrisi kesetiap sel, serta membuat organ tubuh tetap berfungi dengan baik.

Advertisements
Author: Ana Olpah

Saya adalah Penulis lepas yang juga menjadi kontibutor dalam pengembangan website ini yang juga akan membagi pengalaman-pengalamnnya pada media online Like Update.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *